Nikah Low Budget 7,5 Juta Tetap Sah

Oleh:

Nasyabila Hamdani

Pernikahan Zaskia Mecca & Hanung Bramantyo
https://br.pinterest.com/pin/936256210014373107/

Share :

Nikah simpel ala Zaskia Mecca cuma habis 7,5 juta. Menikah secara islam itu simpel yang rumit dan mahal secara budaya.

Halalinkuy.com – Pasangan aktris Zaskia Adya Mecca dan sutradara ternama Hanung Bramantyo telah menjalani pernikahan sejak 2009 tanpa gosip.

Pada 13 September 2023 mendatang, akan genap 14 tahun mereka bersama. Keduanya pun masuk dalam daftar suami istri selebriti yang rumah tangganya langgeng.

Nikah Low Budget Tetap Sah

Pernikahan Zaskia Mecca & Hanung Bramantyo
Nikah Ala Zaskia dan Hanung (Sumber: Pinterest)

Sebelumnya Zaskia ditentang oleh orang tuanya untuk menjalin hubungan dengan Hanung yang berstatus duda. Setelah menjalin kedekatan selama dua tahun, tidak ada angin atau hujan mereka direstui dan berfikir untuk melangsungkan akad keesokan harinya.

Dalam keadaan tersebut, tanpa pikir panjang Zaskia menghubungi Hanung yang pada saat itu sedang berada di Bangkok, Thailand mengusulkan untuk akad esok karena ditakutkan ibundanya berubah pikiran.

Mendengar hal itu, Hanung langsung membeli tiket pulang keesokan harinya untuk melakukan ijab qobul, sedangkan Zaskia subuh-subuh sudah kalang-kabut mencari masjid terdekat untuk melangsungkan pernikahannya.

Akad hanya berlangsung di masjid sehabis Isya tanpa mengadakan resepsi, Zaskia mengaku dalam wawancaranya di kanal YouTube Alanabi Channel bersama host Zee Zee Shahab menghabiskan 7,5 juta saja untuk melangsungkan pernikahan.

Pernikahan Menurut Rasulullah S.A.W:

Kriteria Istri Idaman
Pasangan Suami Istri (Sumber: Pinterest)

1. Dikabarkan Ke Orang Banyak

Selepas akad yang dilakukan oleh Zaskia adalah mengabarkan ke orang banyak agar tidak timbul fitnah. Zaskia meminta bantuan teman-teman infotainment untuk mengabarkan bahwa ia telah meresmikan hubungan suami istri dengan Hanung Bramantyo.

2. Dihadiri Penghulu

Yang kedua dihadiri oleh penghulu. Penghulu bertanggung jawab untuk memimpin upacara perkawinan sesuai dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Penghulu akan memimpin prosesi pernikahan, memberikan nasihat, membacakan doa atau doa bersama, dan mengucapkan kata-kata selama proses ijab qobul berlangsung.

3. Dihadiri Saksi

Ketiga terdapat saksi. Tugas utama saksi adalah menyaksikan proses ijab qabul. Saksi akan hadir di hadapan penghulu atau pejabat yang mengesahkan janji suci, dan akan melihat secara langsung saat pasangan pengantin mengucapkan sumpah dan janji suci.

Setelah itu, saksi akan diminta untuk menandatangani dokumen resmi yang menyatakan keabsahan janji suci tersebut.

4. Dihadiri Orangtua atau Wali

Orang tua memiliki peran penting dalam memberikan persetujuan terhadap janji suci pasangan pengantin. Ini bisa berupa persetujuan secara lisan, tertulis, atau melalui proses hukum yang berlaku di negara atau agama mereka.

Wali memiliki fungsi berbeda dengan orang tua. Sebagai wali Ayah, Paman, atau adik bertugas untuk menjalankan prosedur atau tata cara pernikahan yang berlaku dalam agama atau hukum yang relevan.

Ini termasuk memastikan bahwa semua persyaratan akad dipenuhi, seperti kelengkapan dokumen dan proses administratif yang diperlukan.

Melangsungkan ikatan janji suci sesuai syariat Islam itu simpel dan murah, semoga pasangan yang akan mengadakan akad terinspirasi bahwa proses tersebut itu tidak repot, tidak harus mahal, ataupun mewah, tidak harus memaksakan gaya hidup atau omongan orang agar dipandang keren tetapi malah berhutang dikemudian hari.

jangan mengorbankan harta yang kita punya untuk melakukan pesta satu malam, sedangkan kita dapat menggunakannya sebagai bekal setelah pernikahan itu nanti

Artikel Terbaru

Advertorial

Artikel Serupa