Ide Sensory Play Taste Safe untuk Si Kecil!

Oleh:

Nasyabila Hamdani

Sensory Play
https://www.instagram.com/reel/CumDTi_Bil2/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D

Share :

Sensory play memiliki banyak manfaat lho, Bund! Tapi seringkali Bunda tidak mau memberikannya karena takut dimakan si kecil. Kini, jangan khawatir!

Halalinkuy.com – Sensory play adalah jenis bermain yang fokus pada penggunaan indera anak untuk berinteraksi dan eksplorasi dengan lingkungan sekitarnya.

Dalam sensory play, si kecil akan diberi kesempatan untuk bermain dengan berbagai bahan dan objek yang akan menstimulasi indera mereka, seperti sentuhan, pendengaran, penciuman, rasa, dan bahkan penglihatan.

Sensory play memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak, seperti merangsang perkembangan indera, membantu perkembangan kognitif, mendukung perkembangan motorik, dan meningkatkan imajinasi serta kreativitas.

Bermain dengan bahan-bahan sensorik juga membantu anak untuk mengenali dunia di sekitar mereka dan mengembangkan keterampilan emosional dan sosial melalui interaksi dengan orang lain pada saat bermain secara bersamaan.

Ide Sensory Play Taste Safe:

Sensory play (Sumber: Pinterest)

1. Yogurt dan Pewarna Makanan

Anak dapat mengenal tekstur lembut yang creamy dan mengetahui warna-warna. Selain itu, dengan menggunakan bahan yang aman, Bunda tidak perlu khawatir lagi jika tertelan.

2. Chia Seeds dan Air

Beri air dan diamkan di dalam kulkas terlebih dahulu agar terbentuk dan anak akan mengetahui tekstur yang berbeda dengan sebelumnya.

3. Jelly dan Pewarna Makanan

Masak seperti biasa, lalu masukan mainan anak yang telah dibersihkan. Setelah mengeras ajak anak untuk belajar sambil bermain dengan menggali mainan yang telah terkubur didalam jelly.

4. Mie atau Pasta dan Pewarna Makanan

Mie atau pasta bisa dikreasikan berbagai bentuk, seperti rambut, mainan dan lain-lainnya. Setelah dibentuk biarkan anak bereksplorasi.

5. Lemon

Bunda bisa menggunakan buah lemon yang sudah dipotong-potong kemudian masukan ke dalam air, dan biarkan anak bereksplorasi.

6. Tepung Jagung, Air, dan Sedikit Minyak

Dengan menggunakan tepung jagung, air, dan sedikit minyak, Bunda bisa membuat playdough. Playdough bisa diberi pewarna makanan dan mudah dibentuk.

Mulai kini, Bunda tidak perlu takut lagi untuk mengajarkan sensory play kepada si kecil. Karena enam ide taste safe ini bisa menstimulasi anak untuk mengenal rasa dalam permainan.

Selain itu, sensory play juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi stres atau kecemasan si kecil dan memberikan mereka kesenangan dan kegembiraan pada saat bermain.

Penting untuk memberikan pembelajaran yang aman untuk si kecil pada saat bermain dengan bahan-bahan sensorik untuk memastikan keselamatan dan pengawasan yang tepat sesuai usia mereka.

Artikel Terbaru

Advertorial

Artikel Serupa