7 Tips Menghemat Biaya Resepsi Pernikahan

Oleh:

Revina Aziza Rahman

Source: idewedding.com

Share :

Mewujudkan pesta pernikahan impian merupakan keinginan setiap orang. Sayangnya, semakin tahun biaya pernikahan kian melambung. Pernikahan impian rasanya menjadi sulit untuk diwujudkan. Padahal, kebutuhan rumah tangga setelah acara resepsi pernikahan semakin banyak.

Para pasangan muda harus lebih pintar dan cermat dalam mengatur keuangan. Jangan sampai resepsi pernikahan impian justru menyisakan hutang yang kelak menjadi masalah di kemudian hari. Jika kalian sedang mempersiapkan pernikahan, yuk simak 7 tips ini untuk menghemat biaya resepsi pernikahanmu.

1. Venue yang Terjangkau

Mengadakan pesta di gedung yang luas dan megah memang memberikan kesan eksklusif. Sayangnya, saat ini biaya sewa gedung pernikahan cukup mahal.
Untuk mengatasinya, kalian bisa loh memilih venue lain yang tak kalah aesthetic dan berkesan. Diantaranya:

  • Rumah atau lapangan di sekitar lokasi rumah kalian
  • Caf√© dengan konsep taman atau outdoor
  • Hotel
  • Sewa Villa
  • Museum

Yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi pernikahan selain anggaran yaitu akses ke lokasi yang mudah dan keamanan yang terjamin.

2. Tamu Undangan

Semakin banyak tamu undangan, maka semakin besar biaya yang dikeluarkan. Terutama berhubungan dengan anggaran catering. Untuk menghindari over budget, mulailah menyeleksi siapa saja tamu yang akan diundang.

Konsep privat party juga bisa dipilih untuk menciptakan suasana hangat dan menyenangkan pada acara pesta. Alih-alih mengundang orang-orang yang tidak begitu dikenal, lebih baik mengundang kerabat dan kenalan terdekat.

3. Dekorasi

Tanpa disadari, dana untuk biaya dekorasi juga cukup tinggi loh. Pemilihan venue juga berpengaruh  pada biaya dekorasi. Venue outdor biasanya tidak memerlukan banyak dekorasi, karena lokasinya sudah indah. Berbeda dengan venue gedung yang biasanya full dekorasi. Sebaiknya kalian juga memilih menggunakan hiasan bunga palsu daripada bunga asli. Bisa juga memilih hiasan kain yang sesuai dengan tema, atau lampu serta lampion untuk mengisi beberapa spot yang bisa membuat venue pernikahan menjadi lebih menarik.

4. Menu Makanan

Setiap pasangan pasti ingin menyediakan hidangan terbaik bagi para tamunya. Namun, mahalnya harga bahan pokok membuat biaya catering juga meningkat. Untuk mengatasinya, kalian bisa memilih menu makanan yang umum disediakan di acara resepsi pernikahan. Tinggal disesuaikan dengan selera dari mayoritas tamu undangan. Bisa juga memilih hidangan tradisional yang diminati seperti bakso, baso tahu, untuk makanan pendamping. Para tamu akan menikmatinya tanpa khawatir makanan akan terbuang sia-sia.

5. Seragam Bridesmaid

Berfoto bersama bridersmaid dengan menggunakan baju yang seragam memang menyenangkan. Juga menjadi kenang-kenangan yang cukup berkesan.

Namun, tanpa disadari hal ini terkadang memberatkan pada kedua belah pihak. Pihak pengantin mengeluarkan budget cukup banyak untuk membeli kain. Pihak Bridesmaid juga akan merogoh kocek cukup banyak untuk biaya jahit baju. Selain itu, biasanya baju-baju itu hanya digunakan sekali dan tidak terpakai lagi. Untuk mengatasinya, kalian bisa menentukan dresscode warna pakaian. Terpentik sesuai dengan warna tema resepsi pernikahan kalian. Kedua belah pihak akan lebih ringan dan tidak terbebani.

6. Souvenir

Saat ini banyak ide kreatif untuk souvenir pernikahan yang menarik. Jika persiapan pernikahan masih lama, kalian juga bisa memanfaatkan bantuan keluarga atau teman untuk membuat DIY Souvenir pernikahan yang menarik. Para tamu tidak akan menilai mahalnya souvenir yang kalian keluarkan. Yang penting menarik dan berkesan, para tamu pasti akan menyukainya.

7. Undangan

Biaya cetak undangan akan terkesan murah saat pertama kali kita mendengarnya. Undangan paling sederhana hanya beberapa ribu saja satu buahnya. Eh, jangan salah hitung, jika dikalikan jumlah undanganmu maka biayanya akan membengkak loh!

Selain anggaran yang cukup tinggi, undangan pernikahan hanya dibaca sekilas saja. Apalagi jika terlalu sederhana dan dinilai tidak menarik. Untuk menghemat anggaran, lebih baik menggunakan undangan digital. Terlebih jika mayoritas tamu undangan adalah teman sebaya. Undangan cetak bisa diberikan pada beberapa tamu undangan penting seperti atasan di tempat kerja atau kerabat dan rekan kerja orangtua.

Selain itu undangan digital juga lebih menarik karena, menyediakan beragam fitur serta desain yang membuat undangan kalian lebih berkesan. Bisa menyisipkan foto prewed, musik latar, serta navigasi. Kalian tinggal membagikan link yang telah disediakan. Selain itu kalian juga ikut ambil bagian dari kampanye lingkungan.

Selamat mencoba tipsnya ya, jangan lupa untuk mendiskusikan terlebih dahulu pertimbangan kalian dengan pasangan dan keluarga. Jangan sampai pesta sekali seumur hidup, justru menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

Artikel Terbaru

Advertorial

Artikel Serupa