8 Hacks Memilih Layanan Catering Pernikahan yang Tepat

Oleh:

Nasyabila Hamdani

Catering
https://br.pinterest.com/pin/238761217736958303/

Share :

Pernikahan adalah acara yang istimewa dan catering memainkan peran penting dalam menciptakan suasana yang berkesan.

Halalinkuy.com – Pentingnya memilih layanan catering yang sesuai dengan gaya pernikahan dan kebutuhan memang terasa sulit. Selain itu kedua mempelai harus mengetahui tips menjaga kualitas makanan selama acara, memastikan pihak catering memikirkan ketersediaan makanan agar para tamu tidak complain dan tetap menikmati acara.

8 Hacks dalam Memililih Layanan Catering:

Contoh Sajian Makanan Catering di Pernikahan (Sumber: Pinterest)

1. Menentukan Gaya dan Anggaran

Langkah pertama dalam memilih layanan catering pernikahan adalah menentukan gaya pernikahan yang diinginkan dan anggaran yang tersedia. Apakah kamu dan pasangan menginginkan pernikahan formal atau santai? Hal ini akan membantumu mempersempit pilihan layanan catering yang sesuai dengan tema pernikahan dan keuangan kamu dan pasangan.

2. Mencari Referensi dan Membaca Ulasan

Lakukan riset dan cari referensi tentang layanan catering yang mungkin cocok untuk pernikahan Anda. Misalnya, baca ulasan dari pasangan yang telah menggunakan layanan tersebut sebelumnya. Tinjau portofolio mereka, tinjauan makanan, dan sertifikasi kebersihan dan kualitas yang dimiliki oleh caterer tersebut.

3. Pertemuan dengan Caterer:

Atur pertemuan dengan beberapa calon caterer untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang layanan mereka. Diskusikan gaya pernikahan Anda, tema, dan preferensi makanan. Tanyakan tentang opsi menu, bahan-bahan yang digunakan, dan apakah mereka dapat mengakomodasi diet khusus.

4. Penyesuaian Menu:

Minta caterer untuk menyesuaikan menu berdasarkan preferensi dan kebutuhan Anda. Pertimbangkan keanekaragaman menu, termasuk opsi vegetarian, vegan, bebas gluten, atau makanan khusus lainnya. Pastikan caterer memiliki fleksibilitas dalam menghadirkan variasi makanan yang sesuai dengan selera dan preferensi tamu.

Pastikan penyajian dan penandaan makanan yang jelas untuk membedakan makanan dengan menggunakan label agar para tamu undangan tidak kebingungan saat mengambil hidangan.

5. Sesuaikan dengan Tema Pernikahan:

Pastikan menu yang disajikan sesuai dengan tema pernikahan Anda. Jika Anda memiliki tema khusus, minta caterer untuk mengusulkan hidangan yang menyesuaikan dengan gaya pernikahan tersebut.

Misalnya, menu yang terinspirasi oleh masakan lokal atau makanan tematik yang menggambarkan budaya tertentu. Misalnya kamu dan pasangan sepakat untuk menggunakan pernikahan adat jawa, maka menu yang disajikan pada saat resepsi adalah makanan khas jawa.

6. Penyajian dan Presentasi:

Selain rasa makanan, pertimbangkan juga presentasi dan penyajian makanan. Tanyakan kepada caterer tentang opsi penyajian seperti hidangan prasmanan, piring hidangan utama, atau makanan bergaya pesta. Pastikan penyajian dan presentasi makanan sesuai dengan estetika dan suasana pernikahan Anda.

7. Penjadwalan dan Koordinasi:

Diskusikan dengan caterer tentang jadwal dan koordinasi logistik. Pastikan mereka dapat menyesuaikan waktu dan jumlah tamu yang diundang. Koordinasikan juga dengan caterer mengenai tempat makan, dekorasi meja, dan kebutuhan logistik lainnya.

Pastikan juga pihak caterer mengatur jadwal pengisian bahan makanan untuk tamu, yang ditakutkan adalah masakan di atas prasmanan sudah habis tetapi para tamu undangan terus datang. Untuk prasmanan sebaiknya setiap stand diisi oleh satu atau dua orang agar pengisian ulang bahan makanan terpantau dan terkendali.

8. Pengujian Rasa:

Jika memungkinkan, lakukan pengujian rasa makanan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan catering tersebut. Hal ini akan membantu kamu dan pasangan memastikan bahwa kualitas dan rasa makanan memenuhi harapanmu.

Selain itu saat pengujian rasa, kamu harus datang dengan pihak ketiga misalnya keluarga atau teman untuk ikut mencoba. Agar rasa yang dicoba tidak hanya sesuai preferensimu saja. Dengan menghadirkan banyak pihak, pengujian rasa semakin lebar dan objektif.

Ketika sudah sesuai, sebelum acara, lakukan pengujian ulang rasa makanan yang disesuaikan dengan pilihan menu yang disepakati. Pastikan bahwa hidangan-hidangan tersebut tetap lezat dan memenuhi standar kualitas yang sama dengan awal uji rasa. Selain itu, pastikan presentasi makanan tetap menarik dan indah.

Memilih layanan catering pernikahan yang tepat adalah langkah penting untuk menciptakan pengalaman makanan yang tak terlupakan untuk para tamu Anda. Dengan mempertimbangkan gaya pernikahan, anggaran, preferensi makanan, dan penyajian yang sesuai, Anda dapat memastikan bahwa layanan catering yang Anda pilih akan memberikan pengalaman kuliner yang istimewa di hari pernikahan Anda.

Artikel Terbaru

Advertorial

Artikel Serupa