4 Manfaat Pernikahan Menurut Islam

Oleh:

Nasyabila Hamdani

Pernikahan
https://www.tribunnews.com/regional/2021/07/27/kisah-pengantin-menikah-tanpa-dekorasi-viral-ini-pengakuan-fotografer-yang-bingung-cari-tempat-foto?page=2

Share :

Pernikahan sejatinya menjalani kehidupan berumah tangga bukan hanya masalah duniawi semata tetapi perkara ibadah.

Halalinkuy.com –“Barang siapa yang sudah menikah, maka telah sempurna separuh agamanya” (H.R. Bukhari)

Ungkapan “Barang siapa yang sudah menikah, maka telah sempurna separuh agamanya” adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dalam kitab Shahih Al-Bukhari. Hadis ini diriwayatkan oleh beberapa sahabat, termasuk Abdullah bin Mas’ud.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا حُبَيْشٌ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَنْكِحُ امْرَأَةً إِلاَّ لِأَرْبَعٍ مَوَاضِعَ بِحَفِظِ الْعَفَافِ وَالْمَالِ وَالْجَمَالِ وَالدِّينِ فَزَوِّجْتَهَا فَقَدْ أَحْصَنْتَ نِصْفَ دِينِهِ فَلْيَتَّقِ اللَّهَ فِي النِّصْفِ الْبَاقِي

Terjemahan:

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsanna, telah menceritakan kepada kami Hubaisy, telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id, dari Yahya bin Abi Katsir, dari Ibnu Mas’ud, ia berkata:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada seorang muslimpun yang menikahi seorang wanita, kecuali karena empat hal: karena menjaga kehormatan, harta, kecantikan, dan agama. Jika kamu telah menikahinya, maka sungguh kamu telah menjaga setengah agamanya. Hendaklah ia bertakwa kepada Allah dalam setengah agama yang tersisa.”

Hadis ini menekankan bahwa pernikahan memiliki manfaat yang besar dalam menjaga kehormatan, harta, kecantikan, dan agama seseorang. Ketika seseorang menikah, dia dianggap telah menjaga separuh agamanya, dan dia harus memelihara agamanya dengan baik dalam setengah yang tersisa.

(sumber https://blog.tigadaracatering.id)

Manfaat Pernikahan dalam Islam

Pernyataan bahwa menjaga kehormatan, harta, kecantikan, dan agama merupakan manfaat pernikahan tidak benar-benar mencerminkan makna yang sebenarnya.

Sebaliknya, ini adalah deskripsi faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pasangan hidup. Dalam konteks hadis tersebut, Rasulullah memberikan penjelasan tentang beberapa pertimbangan yang mungkin menjadi alasan seseorang memilih untuk menikah.

Menjaga Kehormatan

Dalam pernikahan, pasangan saling berkomitmen untuk setia dan menjaga kehormatan satu sama lain. Pernikahan memberikan kesempatan bagi individu untuk mengalami kehidupan intim yang sah, di mana mereka dapat menjaga kehormatan diri dan pasangan mereka.

Harta

Pernikahan membawa tanggung jawab untuk saling berbagi dan mengelola harta bersama. Pasangan harus saling mendukung dalam hal keuangan dan saling berusaha untuk membangun masa depan yang stabil secara finansial.

Kecantikan

Kecantikan di sini bisa merujuk pada kecantikan fisik atau keindahan hati dan kepribadian. Pernikahan memungkinkan pasangan untuk saling menghargai keindahan dan kualitas masing-masing, baik secara fisik maupun karakter.

Agama

Keberagaman keyakinan dan praktek agama dapat menjadi faktor penting dalam memilih pasangan hidup. Memiliki kesamaan dalam keyakinan dan nilai-nilai agama dapat membantu membangun fondasi spiritual yang kuat dalam pernikahan.

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat sebenarnya dari pernikahan jauh lebih luas daripada hanya faktor-faktor ini. Pernikahan adalah ikatan sosial, emosional, dan spiritual antara dua individu yang memiliki tujuan untuk saling mencintai, mendukung, dan berbagi hidup bersama.

Ini adalah ikatan yang mengharuskan komitmen, pengorbanan, komunikasi yang baik, dan upaya yang terus-menerus untuk memperkuat hubungan tersebut.

Artikel Terbaru

Advertorial

Artikel Serupa